Pendamping

Posted on

Ini cerita lainnya dari seorang pendamping. Selain mengurus dan melayani masalah administratif, seorang pendamping juga harus tau tata krama; kapan bicara dan kapan mengeluarkan bunyi. Bukan berarti pendamping berada dalam posisi bawah dan mereka diatas seperti laiknya tuan tanah dan centengnya, namun masing-masing sesuai dengan fungsi dan tupoksinya sendiri. Administrasi tentu yang utama; fasilitasi kegiatan selama kunjungan kerja adalah yang utama, menjadwalkan, pengkondisian tempat didaerah, jalin komunikasi dengan daerah tujuan, kesiapan hotel, makanan dan lain sebagainya.

Tindak lanjut dari hasil kunjungan kerja juga tidak boleh dibuat asal dan copy paste. Karena tiap daerah adalah unik; masalah dan solusi yang berbeda dari satu daerah dengan lainnya. Oleh sebab itu kesekretariatan juga wajib menguasai minimal tahu dasar dari masalah yang sedang dikaji dan studi bandingkan. Sehingga dalam penyusunan laporan kunjungan atau bahkan rekomendasi (bila ada) sesuai konteks dan tidak keluar dari kerangka pikir Anggota Dewan yang didampingi. Skill mutlak diperlukan, khususnya penguasaan tata bahasa sekaligus keilmuan dalam bidang politik, kebijakan dan pemerintahan. 

Bagi saya tugas mendampingi itu lebih utama adalah jeli menangkap paradigma dan kerangka berpikir para anggota yang didampingi. Interpretasi dan subjektifitas tentu bermain, namun hal ini bisa diminimalisir dengan format baku pelaporan kegiatan, supervisi kasubag (senior) dan rambu keilmuan yang bersifat universal. 

Cara bersikap yang baik itu penting, melayani juga penting, namun penguasaan materi dan gaya bahasa juga tidak kalah pentingnya, setidaknya bagi saya yang berkutat di seputar itu.

– ditulis dalam perjalanan pulang tol km55 –

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s