Membagi Waktu

Posted on Updated on

index Menyiasati bertumpuknya pekerjaan; baik itu yang bersifat pribadi maupun pekerjaan kantor memang tidak lain selain menyegerakannya, tidak menunda dan membuatnya bertumpuk. Selain itu menyusun prioritas juga tidak kalah pentingnya. Menunda bisa saja dilakukan, tentu dengan menyegerakan tugas lainnya yang harus ditunaikan. Jika menunda dalam pengertian menghentikan seluruh aktivitas, kemudian memilih hiburan dan menghabiskan waktu dengan bersenda gurau tentu akan membuat sekian tugas pekerjaan itu menumpuk nantinya. Oleh sebab itu komitmen pada diri untuk menyegerakannya adalah kunci utama membagi waktu tersebut.

Waktu reguler yang kita miliki berada pada rentang hari senin-jumat, dominasinya terletak pada penuntasan pekerjaan kantor. Sukur-sukur di sela waktu itu, masih tersedia waktu untuk menuntaskan pekerjaan lainnya, bisnis sampingan misalnya …diluar waktu yang harus mendapatkan tempat pula dalam keseharian kita, yaitu keluarga; anak, istri dan suami. Waktu lainnya tersisa di hari weekend – sabtu dan minggu. Dua hari ini mutlak menjadi milik kita, menjadi orang merdeka hehe… Me time bisa berada di rentang waktu ini, atau memilih menghabiskan dengan keluarga juga menjadi hiburan dan sarana merekatkan bounding yang menarik. Aktivitas yang dipilih bisa melakukan travelling bersama-sama, wisata kuliner, wisata edukatif dan lain sebagainya.

Akan halnya saya – orang biasa sebagaimana umumnya, yang juga terikat diantara waktu-waktu diatas, menjalani rutinitas harian sebagaimana gambarannya sudah tertulis pada kalimat pembuka. Walau masih banyak waktu tersisa dan kosong yang sebenarnya masih bisa produktif, namun kadang menunda, malas mencoba, tidak berani mengambil resiko masih menjadi kendala utama. Padahal diantara sekian agenda kegiatan harian yang wajib dilakoni, masih tersisa sekitar 40% waktu yang masih kosong diluar waktu istirahat.

Mari memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Mumpung masih diberi waktu 🙂

– kantor, akhir januari 2017 –

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s