Seri Tugas Kuliah; Hasil diskusi, paper, artikel etc

Posted on Updated on

Beberapa waktu lalu, saya pernah mengupload 3 buah tugas kuliah melalui blog ini. Dan dilihat dari jumlah kunjungan ternyata meningkat. Artinya banyak yang mencari sumber tulisan; baik itu sebagai bahan pemenuhan tugas dan atau keperluan lainnya. Oleh sebab itu dalam beberapa hari ke depan, saya akan kembali mengupload beberapa tugas pilihan – dalam studi Ilmu Pemerintahan tentunya – yang siapa tahu kawan-kawan membutuhkannya. Untuk bagian ini saya ingin mengangkat salah satu diskusi mengenai ilmu politik dan pemerintahan. Monggo 🙂

Beda Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan

Berdasarkan hasil pengamatan dan diskusi melalui beberapa kawan di tutorial online beberapa waktu lalu;  ilmu politik dan ilmu pemerintahan tergolong kedalam bidang ilmu kenegaraan, termasuk kedalam kategori ilmu tidak murni (non scientific method). Hal ini berangkat atas dasar asumsi bahwa definisi ilmu didasarkan pada fakta empiris. Hal ini berbeda misalnya jika dibandingkan dengan ilmu-ilmu murni yang berangkat dari pengamatan empiris dan ilmiah. Tolok ukur ini disebut oleh Dr. Miriam Budiardjo sebagai keistimewaan Ilmu politik yang senantiasa bergerak tumbuh dan berkembang. Sebab focus kajiannya terletak pada kreasi manusia yang serba tidak terbatas dan tidak dapat diprediksi (Dasar-dasar Ilmu Politik, Gramedia Jakarta).

Persamaan lainnya terletak keterkaitannya yang sangar erat dengan ilmu-ilmu social lainnya, khususnya ilmu kenegaraan. Sebab secara subjek studi atau pembelajaran pokok keduanya menyangkut Negara. Dalam hal ini secara material keduanya memiliki focus kajian yang sama. Disamping itu secara historis kelahiran kedua ilmu ini memiliki akar yang sama. Masa resesi dan konflik berkepanjangan di Negara-negara Eropa, khususnya prusia, inggris, perancis dan seterusnya menjadi penyebab tidak langsung kelahiran ataupun pembaruan teori-teori kenegaraan, sebagaimana telah dicetuskan oleh para filosof pada jaman Yunani kuno dahulu, seperti Plato dan Aristoteles.

Adapun yang membedakan keduanya adalah objek forma dari ilmu itu sendiri. Hal inilah yang membedakan satu disiplin ilmu dengan disiplin ilmu lainnya. Disamping itu perbedaan keduanya juga terlihat pada orientasi ilmu poitik yang lebih menekankan pada pola interaksi struktur sementara ilmu pemerintahan orientasinya lebih pada pelayanan public. Hal digambarkan secara jelas pada modul Ilmu Pemerintahan Online Universitas Terbuka, yang juga menyebutkan sedikitnya delapan (8) perbedaan antara ilmu politik dengan ilmu pemerintahan,  seperti ;  Pusat perhatian ilmu politik lebih kepada proses pembuatan keputusan politik untuk memenuhi kebutuhan dari suatu hubungan politik yang dikembangkan berbeda dengan titik tekan ilmu pemerintahan yang lebih mengedepankan focus kerakyatan dimana sebuah pemerintahan dibangun oleh rakyat, dari rakyat dan untuk rakyat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s