Apa sih yang didapat ???

Posted on

bosan3 Sebenarnya apa sih yang kita dapat dari penggunaan media sosial, atau umumnya kehadiran teknologi informasi ??? Jawaban umum pasti berkaitan dengan dua hal ini; yah ada baik dan ada buruknya juga 🙂 Yups itu jawaban standar emang, walau lagi-lagi standar baik dan buruknya itu bisa saja berbeda antara satu orang dengan lainnya. Semisal ‘hate speech’ yang saat ini lagi marak, bagi pendukung A yang begituan bukan ‘hate speech’ gan, tapi kebenaran.. gitu katanya. Begitu juga sebaliknya, hingga kemudian kubu-kubuan, debat kusir bahkan hingga block dan unfriend hehe… Padahal tak bisa dipungkiri juga, kecenderungan memilih atau berafiliasi pada kelompok tertentu atau tokoh tertentu, hingga jatuh hati dan cenderung buta mata terhadapnya, tentu menghilangkan objektifitas, logika dan seterusnya. Sejurus kemudian melahirkan pandangan buta; serang sana sini terhadap pendapat atau pemikiran yang tidak sekubu dengannya.

Well begitulah dunia medsos akhir-akhir ini. Kadang assik masyuk, terkadang pula ringkih dan riweuh. Tapi ya sudahlah, masih banyak sisi lain sebenarnya yang bisa dimanfaatkan dari kemajuan teknologi informasi. Kehadiran medsos hanyalah satu diantara sekian fungsi lainnya dari IT. Saya sendiri memanfaatkan teknologi informasi ini selain sebagai hiburan (dalam media sosial khususnya), juga sebagai alat yang mempermudah pengembangan usaha yang tengah dirintis, disamping sebagai sumber informasi dan pengetahuan, peluasan jejaring (e-commerce) dan lain sebagainya.

Dari sisi jangkauan, IT tidaklah mengenal batas wilayah. Ini jelas keunggulan teknologi yang satu ini. Dari sisi pengoperasian juga tidaklah terlalu rumit, dalam artian masih bisa dipelajari setidaknya untuk penguasaan dasar-dasarnya. Bahkan panduan atau tutorial apapun bisa didapat melalui penelusuran akan objek masalah yang dituju. Aplikasi juga berserakan dimana-mana, mau yang gratisan atau yang advanced dengan mekanisme berbayar. Semua ada, dan hadir membantu kita. Tergantung tujuannya dipakai untuk apa. Mau berkomunikasi via video bisa, mau sekedar chit chat bisa, mau promosi lagu, karya tulis, desain dll juga bisa (bahkan gratisan semisal di wp ini atau yang lebih menjual lagi semisal http://www.wix.com juga bisa), mau jualan barang juga bisa, ngerjain PR juga bisa (anakku berulangkali berselancar sendiri mencari tugas-tugas penyelesaian PR sekolahnya), mau ngeksis dan kekinian biar kaya orang-orang bisa nampang di medsos (sebut saja FB, IG dan lain sebagainya), mau main game juga bisa, atau bahkan mau nikah lagi juga …???? . Pokoknya banyak deh hehe…

So, bagi yang bosan dan jenuh dengan time line yang berseliweran di medsos seputar masalah yang itu dan itu juga… skip aja deh. Toh masih banyak fungsi lainnya yang bisa dimainkan dan digunakan. Yah setidaknya buat saya sendiri yang mulai bosan 😦

Sory agak ga nyambung dengan judulnya !!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s