Wawantawa dengan Mang Bonju

Posted on

DSCF7859Awalnya kami berencana ke Bandung Sabtu pagi dua hari lalu. Namun kemudian mendadak ada kabar datang dan membuat seketika kami membatalkan niat yang sedianya sudah di rencanakan seminggu sebelumnya. Syahdan hari Sabtu itu kami sekedar jalan-jalan saja diseputaran Depok dan Bekasi sembari malamnya mencari bahan baku keperluan catering.

Group whatsapp pun ramai berbunyi, persisnya di HP mantan pacar. Ibu-ibu sedang galau rupanya karena ada tugas kewirausahaan di sekolah yang harus dibuat buku dan dikumpulkan tepat hari Rabu, yang artinya 3 hari tersisa (plus 1 hari yang masih libur). Tugas ini mengharuskan siswa/i kelas 3 mewawancarai tokoh pelaku bisnis yang tidak dikenal (bukan saudara dekat; om, tante atau keluarga), atau bahkan teman dekat ayah dan ibu yang saban hari ketemu. Wawancara ini dilakukan secara berkelompok; satu kelompok berisi dua ekor … eh salah dua orang maksudnya (beda ya dengan masa sekolah kita dulu yang sekelompoknya bisa 5 sampai 7 orang hehe…)

Mengingat lusa sudah hari senin, yang artinya kembali pada rutinitas maka saya berpikir akan lebih baik melakukan wawancara itu di hari libur saja (1 hari tersisa ya besok, hari minggu). Disamping waktu yang leluasa untuk mengantar ke lokasi, ada info dari ibunda teman sekelompok si kakak yang menyarankan di hari libur juga, mengingat di hari biasa dia juga bekerja dan ada ketidak cocokan waktu luang antara anaknya dengan anakku karena mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sekolah yang berbeda (kegiatan ekskul ini tersedia di hari senin sd kamis mulai pukul 14.40 sd 15.45). Maka hari minggu adalah pilihan yang pas.

DSCF7852Lalu kemudian yang menjadi masalah siapa nara sumber yang cocok dan bersedia meluangkan waktunya besok?? Semula saya memilih kawan saya yang berdomisili di petukangan. Pertama saya sudah tahu persis rutinitasnya, kedua dia juga partner saya dalam beberapa kali kesempatan menyelesaikan pekerjaan. So, nggak mungkin lah menolak. Secara kriteria juga cukup mumpuni; memiliki gerai JNE, freelancer photographer dan lini bisnis multimedia lainnya. Hanya masalahnya, si kakak sudah sering bertemu dengan dia yang artinya sudah kenal dekat, sehingga dikhawatirkan tidak ada informasi baru yang bisa digali lebih dalam. Lantas siapa lagi yang bisa ya ????

Seketika saya teringat kawan karib saya semasa SMU dahulu di Bandung. Kami pernah satu kelas, bahkan satu bangku selama beberapa semester. Secara tidak sengaja lima tahun lalu kami kembali bertemu di Facebook dan tak berapa lama kemudian kopdar di kantornya pas jam istirahat. Pertemuan itu sekedar melepas kangen saja; ketawa ketiwi dan menanyakan kabar masing-masing, mulai dari siapa yang jadi istri (ooh bukan yang pas SMA itu dulu ya ternyata hahaa…), berapa anak dan aktivitas masing-masing. Pertemuan singkat itu diakhiri dengan beberapa ide bisnis, kebetulan secara latar belakang kawan saya itu juga tengah berbisnis disamping bekerja pada salah satu BUMN Minyak terbesar di negeri ini. Sementara saya apalagi, pasca keluar dari pekerjaan dua tahun sebelumnya, nyaris malas mencari pekerjaan lagi. Ujung-ujungnya berbisnis…. dengan modal dengkul dan skill pas-pasan hahha… (tapi tenang lah masih bisa dipoles… pan manusia otodidak .. ngeless nih).

IMG_20151126_211913_scaled.jpgNamun entah apa sebab, pertemuan itu seolah menjadi pertemuan pertama dan terakhir. Nyaris kami tidak pernah bertukar sapa kembali, tenggelam dalam rutinitas masing-masing, hingga kemudian kawan saya itu booming dengan bisnis kulinernya; cireng salju dengan nama Mang Bonju. Produksinya sudah ribuan pieces tiap harinya, omzetnya jangan ditanya lah … bikin ngillerrrr… so, tugas kakak di kelas 3 ini mengingatkan saya akan sosok sahabat saya ini. Dengan mantaps saya kontak beliau dan gayung pun bersambut, kami bersepakat bertemu di kantornya di kawasan BSD Tangsel.

Penasaran bagaimana petikan wawancara anak kelas 3 SD dengan narsumnya, dan bagaimana sahabat saya itu memulai bisnis dan perlahan booming, tunggu saja lanjutan kisah ini besok di stasiun yang sama ya hihi…

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s