Masalah Kopling di Mobil All New Xenia (juga saudara kembarnya itu)

Posted on Updated on

daihatsu_lainnya_model_2012_for_sale_malang_4660135433898228988Oke, ceritanya begini nih. Beberapa minggu terakhir ini, xenia putih yang biasa kukendarai berasa ndak enak. Selain bunyi ‘dug’ di bagian bawah atau depan, tarikan juga ngeden… tapi klo urusan ngeden rasanya wajar karena dah mau masuk 29.500 km, menurut jadwal di 30.000km nanti mesti masuk bengkel buat service rutin. Tapi ada satu lagi yang bikin nggak nyaman, apa coba??? Suara mesin ‘ngegelitik’ di gigi 2 atau bahkan 1, selain itu juga setelan kopling kok nggak pas ya, berasa agak tinggi dari biasanya. Asumsi pertama saya, kanvas kopling yang udah mulai menipis atau masalah lain yang berhubungan dengan perkoplingan seperti mataharinya. Tapi setelah dipikir lebih jauh masa sih umur pemakaian kopling mobil ini cuma sebentar, belum juga genap dua tahun atau tepatnya baru kami pakai 15 bulan saja sejak dibeli. Rata-rata pemakain kopling itu baru aus menginjak tahun ke-3 atau 4, lah kok ini baru juga 15 bulan sudah ndak enak???

Usut punya usut saya tanya mbah google, dan faktornya memang bisa beragam. Tapi nggak salahnya dicoba satu-persatu. Dan setelah unsur percobaan itu dilakukan, berikut adalah sharing pengalaman saya yang sudah mulai tercerahkan πŸ™‚

  1. Dalam urusan kopling, tipe mobil All New Xenia (juga saudara kembarnya si Avanza itu) tidak menggunakan sistem hidrolik tapi menggunakan kabel. So.. jadi ketika setelan kopling mulai tinggi bukan berarti ada keausan di kanvas. Tapi hanya masalah settingan saja, jadi tinggal disetel ulang saja sampai pada kondisi yang diinginkan oleh kita sebagai pengendara.
  2. Urusan setel menyetel bisa dilakukan dengan mengatur dua posisi. Pertama adalah dengan ngolong di bawah mobil dan mencari kabel kopling persis di bawah pijakan kopling kaki yang menyambung ke mesin mobil (gambar dibawah). Kedua setelah dilakukan penyetelan dan dirasa pas, tinggal mengatur pijakan ‘free play’ kopling yang ada di bawah kaki pengendara (dalam mobil) dengan menggunakan konci 14 (gambar di bawah)
  3. Cara menyetel kabel kopling di kolong mobil adalah dengan memutarnya ke kanan (searah jarum jam) atau sebaliknya. Jadi cari ujung kabel yang menancap ke sambungan mesin, ada baut plastik yang bisa diputar. Jika anda memutar searah jarum jam maka setelan kopling akan tinggi, sebaliknya jika memutar berlawan arah jarum jam maka setelan kopling lebih rendah ketika diinjak. So, silahkan bereksperimen dan cari posisi yang pas ya sobat.
  4. Setelah setelan pas, biasanya pijakan kopling (yang kita injak di dalam mobil) jadi berasa longgar. Cari baut besi yang menancap di bagian atas pijakan kopling, ambil kunci pas ukuran 14inc lalu putar; ke kanan (untuk mempersempit) atau kekiri untuk melonggarkan. Lagi-lagi ini harus dicari sampai posisi yang pas, coba tekan dengan tangan sampai ada sedikit hentakan berarti itu jarak aman untuk ‘free play’ kopling ketika tidak dimainkan.
  5. Di bagian atas saya menyebutkan mesin yang menggelitik ketika digas, baik di gigi dua atau gigi satu. Dan ternyata setelah dilakukan penyetelan kopling ini, masalah suara menggelitik itu menghilang dengan sendirinya. Artinya bisa jadi suara itu hadir seiring dengan settingan kopling yang tidak pas.
bagian ini yang harus disetel ulang
bagian ini yang harus disetel ulang dengan cara memutar (searah jarum jam atau berlawanan jarum jam)
bagian ini juga mesti di setel setelah melakukan penyetelan kabel kopling di bagian bawah
bagian ini juga mesti di setel setelah melakukan penyetelan kabel kopling di bagian bawah

Pagi ini ketika saya bawa ini mobil nganter anak-anak sekolah lumayan lancar, suara gemeritik nya hilang juga setelan kopling yang udah ga terlalu tinggi. Selebihnya tinggal ke bengkel setelah 30.000km nanti dan komplain bunyi ‘dug’ di bawah yang ga ilang-ilang, padahal masalah yang sama sudah saya keluhkan semenjak service rutin di 10.000km dan 20.000km yang lalu 😦

Pabuaran – Lebak Bulus 2015

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s