Mengapa diperlukan Perencanaan dalam Pembangunan Kota

Posted on

Permasalahan Kota (Pendahuluan)

Kota berdasarkan karakteristiknya tentu berbeda dengan desa yang dikenal lebih homogeny, komunal, hubungan bersifat pribadi dan populasi yang relative lebih sedikit. Kota tentu kita kenal sebagai sebuah daerah yang aktivitas perekonomiannya berjalan secara cepat dan kompleks. Oleh sebab itu kota menjadi magnet masyarakat. Maka kemudian kota menjadi tempat bertambahnya populasi. Populasi yang terus meningkat tentu akan melahirkan sejumlah permasalahan; mulai dari ledakan jumlah penduduk yang memengaruhi usia produktif dan non produktif, kebutuhan pembangunan infrastruktur yang memadai, pendidikan, ketersediaan lapangan kerja, ketersediaan sumber daya pangan dan seterusnya.

Kompleksitas kota yang berbeda dengan desa, tentu menuntut penanganan dengan cara yang berbeda. Pembangunan kota adalah pilihan wajib sebagai tuntutan dunia modern. Pembangunan tersebut tidak terbatas pada sarana fisik saja, namun juga pembangunan pada perangkat lunaknya. Pendidikan adalah satu dari sekian cara dalam melakukan upaya pembangunan masayarakat perkotaan. Tanpanya mustahil dicapai pembangunan dalam artian yang sebenarnya.

Mengapa diperlukan Perencanaan Pembangunan Kota?

Pembangunan kota disamping melahirkan perubahan kea rah yang lebih baik, juga tidak menutup kemungkinan melahirkan sejumlah ekses negative. Kesenjangan ekonomi dan social, angka kriminalitas yang tinggi, kemacetan parah, polusi udara dan kerusakan lingkungan adalah sederet permasalahan yang biasanya lahir dalam proses pembangunan kota-kota di dunia. Oleh sebab itu dalam proses pembangunan; baik itu yang akan atau sedang dilakukan menuntut perencanaan yang matang. Tidak terkecuali evaluasi program pembangunan jika kemudian terlihat hasil pembangunan yang tidak sesuai dengan harapan semula.

Dalam perencanaan kota, memuat pemetaan program yang akan dilakukan. Menekan tingkat resiko kegagalan dan mengantisipasi perubahan global. Disamping itu, partisipasi seluruh pihak juga diperlukan mengingat kota dengan heterogenitasnya terdiri dari berbagai subjek yang harus diakomodir kepentingannya. Pemerintah sebagai operator dan pelaksana amanat Undang-undang dalam pembangunan wajib merumuskan pola pembangunan partifipatif yang akomodatif, pro rakyat dan pro lingkungan. Sehingdga hasil pembangunan tersebut dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat dan ramah lingkungan (berdampak jangka panjang).

Bentuk aplikasi pembangunan kota yang  dilakukan pemerintah misalnya AMDAL (Analisis dampak lingkungan). Setiap program pembangunan diperlukan kajian terlebih dahulu sebelum benar-benar dilakukan, bagaimana dampak untuk lingkungan (fisik dan non fisik).

Penutup

Pembangunan adalah keniscayaan; baik itu di perkotaan maupun di pedesaan. Keduanya memerlukan sentuhan program pembangunan agar selaras dengan nafas perkembangan jaman. Namun tentu titik tekan pembangunan kota akan terasa lebih berat dibandingkan dengan desa. Oleh sebab itu perencanaan kota mutlak diperlukan dalam setiap program pembangunan. Kegagalan kota-kota di Indonesia (seperti Jakarta) bias jadi diakibatkan oleh lalainya perencanaan program pembangunan. Sehingga memunculkan kesemrawutan yang entah darimana harus menyelesaikannya. Sebut saja pertumbuhan bangunan tinggi dan pusat perbelanjaan yang tidak terkendali, imbasnya adalah kurangnya lahan hijau dan serapan air. Hingga kemudian banjir menjadi langganan tiap tahunnya. Belum lagi kemacetan yang tak berujung dan angka kriminalitas yang tinggi.

Jika saja sedari awal perencanaan kota menjadi langkah penting, mungkin kesemrawutan yang Nampak sekarang tidak akan terjadi. Seperti pada kota-kota di Negara maju lainnya yang tertata rapih, tidak semrawut, dan ramah pada manusia (lingkungan).

*ditulis sebagai bahan penunaian tugas MK Pembangunan Masyarakat Desa dan Kota

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s