Self healing dan kemampuan membuka diri

Posted on

imagesKadangkala kita terjebak pada cara pikir yang sederhana dan sempit. Parahnya lagi seluruh konsentrasi dan tindakan habis karena hal itu. Sehingga lupa akan hal lain yang lebih besar, bermanfaat bahkan solusi dari masalah yang menghimpit. Yaahh itulah saya, cenderung demikian. Melepaskan beban tidak semudah membalik telapak tangan, begitu ringan dan langsung jadi. Apalagi jika beban itu sudah berkarat dalam benak kita selama bertahun-tahun. Membersihkannya tentu memerlukan tools istimewa dan mesti berhati-hati jangan sampai pula merusaknya. Alih-alih membetulkan, malah terjerembab pada masalah lain yang lebih pelik.

Tahu tidak, memutus rantai dari pikiran sempit itu sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai cara. Membuka wawasan dan mencari informasi seluas mungkin adalah salah satunya. Menambah jam terbang bergaul juga solusi lain, yang bisa membuat diri terhibur dengan banyaknya percakapan yang membangun dari teman-teman atau pergaulan sosial. Intropeksi diri juga solusi lain, tapi ini lebih susah. Apalagi jika kemampuan self healing kita tidak memadai. Maka yang ada hanyalah ratapan yang tidak perlu. Ini bahaya laten, alih-alih membangun malah semakin menjatuhkan self esteem, harga diri hingga lagi-lagi muncul pikiran picik menyalahkan diri sendiri.

Kemampuan mencari solusi memang perlu latihan. Diri adanya dibekali kemampuan itu, namun bantuan dari luar tetap diperlukan. Setidaknya memberikan pilihan yang lebih luas, pembanding sekaligus tularan semangat untuk terus hidup dan bangun kembali ketika terjatuh.

Saya ingin bangun dan bangkit setelah terjatuh. Sudikah anda membantu saya???

dibawah rintik hujan yang tak berhenti, 22 Januari 2015

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s