Mencoblos, itu rahasia donks … !!!

Posted on

Hari ini tepat tanggal 09 April euforia perhelatan demokrasi di negeri kita dimulai. Hampir setiap pelosok TPS ramai dikunjungi orang. Menyalurkan hak politik katanya…. mmm… manis terdengar memang, Hak Politik, sepertinya ada yang akan diperoleh kelak, … tentu saja karena kita berbicara hak kan ?? bukan kewajiban ???

Ingatan pun terbayang pada beberapa istilah, tepatnya dalam mata kuliah Metodologi Ilmu Pemerintahan yang tengah saya ikuti semester ini. Dalam model dua ada istilah tentang hubungan antara pemerintah dengan rakyat, kepercayaan dan janji. Mungkin momentum nya tepat dengan masa PEMILU seperti saat ini. Dimana janji-janji dengan mudah diobral dimana-mana, lalu rakyat pun dengan kepercayaan tinggi berduyun-duyun ke TPS memilih sang pengobral janji itu. Lalu kemudian ketuk palu dan Mr. X lah yang kemudian berhasil mewakilinya melenggang menuju dewan.

Rutinitas kemudian menjadi menu sehari-hari. Rakyat berkutat dengan masalah hidupnya masing-masing, dan para wakil terpilih pun demikian. Sibuk kasak kusuk mencari proyek, putar otak memilih rekanan yang bisa memberi prosen lebih besar, dan lain-dan lain (silahkan anda isi sendiri hehe…).

Begitulah wajah demokrasi yang kita kenal, setidaknya beberapa waktu belakangan ini. Hingar bingar politik lebih terlihat pada tataran elit. Kebijakan yang mewakili kepentingan rakyat kecil sunyi senyap, nyaris tak terdengar. Baru kemudian ramai kembali ketika menjelang PEMILU di lima tahun berikutnya. Oooh… sungguh tak terperi.

So…. sudahkah anda mencoblos hari ini??? Saya…. mmmm itu rahasia donks…..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s