Jagoan yang selalu tidur larut malam

Posted on

ini-akibatnya-jika-suka-tidur-di-atas-jam-12-malamJika kita orang dewasa tertidur lepas larut malam bahkan mungkin mendekati sepertiga malam (shubuh) mungkin saja wajar. Aktivitas pekerjaan, pikiran dan lain sebagainya menjadi pembenar kita untuk tidur selarut itu. Walau pada umumnya orang tertidur antara Pukul 21 sd 23 malam, namun sebagian yang lain ada yang baru bisa terlelap lewat dari tengah malam.

Kebiasaan tidur malam atau larut malam, tentu akan memengaruhi aktivitas keesokan harinya. Jika waktu bangun normal adalah sekitar pukul 5 sd 6 pagi, maka orang dengan kebiasaan tidur larut bisa jadi baru terbangun sekitar pukul 10 – 11 siang. Lalu apa yang terjadi jika orang dengan kebiasaan tidur larut malam harus bangun pukul 5 atau 6 pagi? Hampir bisa dipastikan badannya tidak fit, kadang gangguan pencernaan dan jika dipaksakan bekerja maka akan selalu mengantuk di siang hari. Nah jika pada orang dewasa saja bisa demikian, lalu bagaimana dengan anak-anak Balita??????

FMP (Fa …. Muhammad Putra)

saat mengantar kelulusan kakaknya diwisuda TK
Fathir saat mengantar kelulusan kakaknya diwisuda TK

Aku punya jagoan dirumah, usianya hampir tiga tahun bulan Maret nanti. Ketika lahir ia kuberi Nama Rizky. Yah saat itu aku merasa ia hadir seiring dengan rezeki pemberian Tuhan. Namun ibunya menginginkan nama lain. Lantas aku pun berpikir kenapa tidak dengan nama depan yang sama dengan kakaknya ya???? Sang Kakak yang kini sudah bersekolah kelas 1, memiliki nama depan dengan hurup/suku kata ‘Fa’. Maka kemudian kucari lewat buku dan internet nama apa yang pantas untuk anak laki-laki berawalan dari suku kata ‘Fa’. Lalu muncullah nama itu, dan kami pun berdua sepakat menamainya Fathir, yang berarti kemenangan/berkuasa. Konon kata itu diambil dari dasar kata ‘futh’ yang memiliki makna kemenangan.

Lalu mengapa kemudian memakai Muhammad dan Putra ?

Saat mengantar kakaknya mengikuti lomba mewarnai di CInere Mall
Saat mengantar kakaknya mengikuti lomba mewarnai di CInere Mall

Sedari awal saya cenderung tidak setuju jika seseorang memakai nama Muhammad, apalagi dengan nama depan. Entahlah rasanya terlalu adi luhung. Lalu mengapa nama itu dipilih??? Rupanya ini hanyalah hasil kompromi, antara orang tua, kakek dan kerabat lainnya. Maklum orang timur itu selalu ingin memakai etika dalam tindak tanduknya. Maka untuk menghormati ibu mertua saya, Nama Muhammad pun dipilih. Namun dengan catatan, saya tidak ingin nama itu menjadi nama depan.

Lalu Putra sendiri adalah pilihan saya. Hal ini jelas, ia adalah sang jagoan, lelaki. Maka kupilih nama itu sendiri untuknya ‘Putra’…. yup benar, putraku. Maka lengkaplah namanya Fathir Rizky Putra Mulyadi…… eiittss salah, di akta tercatat Fathir Muhammad Putra… yups seperti aku bilang, ini kompromi. Maka nama itulah yang kemudian tertulis di Akta Kelahirannya.

“Semoga Nama yang kami berikan untukmu menjadi doa ya Nak “

Kebiasaan Tidur Lebih dari Jam 1 Malam

Sekira setengah tahun yang lalu, ketika saya mulai memiliki kesibukan lain di luar rumah dan mengharuskan untuk pulang ke rumah lebih dari jam 7 malam (juga ibu dan kakaknya yang bersekolah di Jakarta Selatan) si Jagoan ini selalu tidur larut malam. Bahkan sudah sebulan ini tidur mendekati pukul 4 shubuh. Biasanya ia sibuk sendiri dengan mengumpulkan bantal, boneka dan selimut ke depan TV. Setelah itu meminta susu lalu mengambil mainan dan atau sekedar bolak-balik ke kamar meminta mainan ‘dada’ ibunya (u know apa lah itu maksudnya).

Ini dilakukan hampir berulang. Terkadang ia juga mengajakku bermain, Jika tak lelah biasanya kuladeni juga, seperti tadi malam kami bermain tiup-tiupan dan membaca di atas meja kecil kakaknya. Tapi biasanya aku atau ibunya menyerah juga akhirnya, paling kuat 1 jam saja. Setelah itu kami tertidur pulas. Lalu bagaimana dengan ia??? Ya begitu itu …. bolak balik dan akhirnya menonton tv. Biasanya timmy times, elmo, dan sebagainya di channel disney junior dan MNC Kids.

Setelah sekian lama berlangsung, baru tadi pagi ibunya sewot berat. Dan kami ber’argue’ kecil di dalam perjalanan. Intinya dia harus dibawa ke dokter. Tapi nanti dulu, apa yang mau dibawa ke dokter!!! Karena saya pikir masalah si Jadoan hanya terletak pada pola tidur, sementara dari sisi pisik atau biologis normal saja. Ia ceria dan sehat. Menurut mba yang menjaganya, ia biasa terbangun pukul 11 siang. Maka jika dirata-ratakan ia tidur pukul  3 pagi toh sudah mencukupi kebutuhan minimal anak-anak untuk tidur dan beristirahat. Pertengkaran ini seperti biasa tidak berujung, hanya waktu yang kemudian memisahkan karena si ibu tiba di tempatnya bekerja.

Rasa penasaran tentang masalah tidur ini ingin kupecahkan saja. Maka aku browsing sana-sani, dan kudapati beberapa artikel menarik tentang masalah Balita yang suka tertidur larut malam begini. Berikut adalah kutipannya, semoga anda yang mengalami masalah yang sama dengan si kecil ikut terbantu ya 🙂

Kami bertiga saat menghadiri acara pernikahan teman (yang memotret adalah si Kakak)
Kami bertiga saat menghadiri acara pernikahan teman (yang memotret adalah si Kakak)

KENALI 4 PENYEBAB UTAMA SI KECIL TIDUR LARUT MALAM

Bila energinya si anak masih berlebih, lalu dia ingin bermain ya dia akan bermain, tak peduli hari sudah larut malam atau belum.Lebih bijaksana jika orang tua merunut penyebab mengapa si batita terbiasa beraktivitas hingga larut malam. karena kondisi seperti ini tidak datang dengan tiba-tiba, melainkan ada beberapa faktor yang melatarbelakanginya:

* pola tidur orang tua
Pola tidur orang tua dapat mempengaruhi pola tidur anak. Bila orang tua terbiasa tidur larut malam, anak pun akan terkondisikan seperti itu.
tindak lanjut:
Ubah jam tidur anak. Jika si kecil menolak tidur karena orang tua belum tidur atau salah satu belum pulang, maka berusahalah untuk mengondisikannya tidur di jam-jam yang wajar. Umpamanya dengan mengajak si kecil masuk kamar dan membuat kondisi dalam kamar begitu tenang. Matikan teve, lampu, musik yang berirama cepat, dan sebagainya.
* faktor bawaan
Ada anak yang semenjak bayi memang sulit tidur malam. Jika masalah ini tidak ditangani segera, ditambah dengan ketidakdisiplinan orang tua akan jam tidurnya, maka kebiasaan ini akan terus berlanjut.
tindak lanjut:
Cari tahu apakah yang menyebabkan anak sulit tidur malam. Mungkinkah karena asupan makanannya kurang. Bila orang tua tidak memiliki kepastian penyebab mengapa si kecil selalu tidur larut, tak ada salahnya orang tua memeriksakan anak ke dokter.
* belum terbentuknya jam biologis
Jam biologis anak batita belumlah teratur. Si kecil bisa saja bangun jam 5 pagi, lalu jam 10 tertidur kembali. Namun esoknya belum tentu ritmenya seperti itu. Bisa jadi ia bangun jam 5 pagi dan baru tidur jam 4 sore
tindak lanjut:
Ciptakan jam biologis si kecil dengan mengubah dan mengoreksi pola tidurnya. Misalnya dengan mengondisikan anak untuk lebih banyak beraktivitas di siang dan sore hari. Atur jam makan terakhirnya sekitar jam 6 atau jam 7 malam. Anak yang lelah secara fisik dan juga merasa kenyang akan tidur nyenyak di malam harinya.
* menuntut perhatian orang tua
Adakalanya orang tua harus bekerja hingga larut malam sehingga waktu pertemuan dengan si kecil menjadi sempit. Hal ini membuat kebutuhan si kecil akan perhatian orang tua jadi tidak terpuaskan. Ujung-ujungnya, ia sering mencari-cari perhatian misalnya ya dengan menunggu orang tuanya tiba dari kantor lalu langsung mengajak bermain. Tak peduli jam berapa pun itu.
tindak lanjut:
Lakukan refleksi diri apakah waktu kebersamaan dengan si kecil sudah tercukupi atau belum. Seringkali orang tua menyadari si kecil butuh perhatian tapi tidak berusaha menyelesaikan permasalahan. Akibatnya hal ini berlangsung berlarut-larut sampai membuat pola tidur anak tidak sesuai dengan waktu tidur orang tuanya. Kalau sudah begini, mau tak mau orang tua mesti mengatur kembali waktu luang bersama anaknya.

SIKAPI DENGAN TEPAT
Nah, jika sudah ditemukan akar permasalahannya, berikut ini ada beberapa tindakan konkret yang bisa dilakukan orang tua saat si kecil merengek mengajak bermain di malam hari:

* Hindari aktivitas yang membangkitkan semangat.
Aktivitas fisik, seperti main kuda-kudaan akan membuat anak makin bersemangat untuk melek. Lebih baik pilih aktivitas yang lebih tenang, seperti membacakan atau mendongengkan si kecil sebuah cerita. Hindari cerita yang rumit karena akan membuat otak si kecil bekerja mengolah cerita tersebut. Pilihlah bacaan ringan dan cenderung monoton. Misalnya, “Di malam hari si kelinci tidur, sang ayam tidur, si kuda tidur, dan seterusnya.” Cerita yang monoton akan membuat anak merasa bosan dan lama-lama membuatnya tertidur.
* Beri penjelasan.
Jelaskan selalu bahwa hari sudah malam dan semua orang harus tidur. “Sebenarnya, ini sudah malam lo, Dek. Waktunya untuk tidur. Coba lihat di jalanan sudah enggak ada orang lewat kan?”
Bisa juga dengan memanfaatkan sosok hewan peliharaan, “Kalau malam kucing harus bobok, ayam juga bobok. Semuanya harus bobok. Adek juga harus bobok.” Biasanya pemahaman seperti itu membuat si kecil mau berangkat tidur.
* Tanamkan sugesti.
Bila anak belum juga mau tidur dan tetap ingin bermain, maka kita bisa melakukan sugesti terhadap anak, “Tidur yuk! Adek sudah ngantuk kan?” Jika si batita sudah lancar bicara, biasanya ia akan berperilaku negativistik dengan menjawab, “Enggak mau, enggak ngantuk.” Langkah yang bisa diambil adalah dengan mencari jalan tengah. Umpamanya, “Adek boleh bermain robot, tapi sebentar saja ya. Setelah itu, bobok.” Beri rentang sekitar 10 menit, lalu ajak ia tidur kembali.
* Ciptakan suasana kondusif.
Jika penjelasan dan sugesti tak mempan dan si kecil tetap menolak tidur, orang tua bisa berkata, “Kalau Adek enggak mau bobok ya sudah. Tapi ini sudah malam dan waktunya untuk bobok. Ayah dan Bunda mau bobok duluan. Jadi lampunya dimatikan ya.” Selanjutnya padamkan lampu tapi sebelum itu pastikan tidak ada barang di kamar yang dapat mencelakakan anak. Keadaan kamar yang digelapkan merupakan suasana kondusif untuk berangkat tidur. Biasanya dengan begitu anak akhirnya akan memutuskan tidur juga. (disarikan dari tulisan dr purwaningrum)

[bersambung]

Advertisements

One thought on “Jagoan yang selalu tidur larut malam

    Jagoan yang selalu tidur larut malam | amulyadik said:
    February 13, 2014 at 7:20 am

    […] Jagoan yang selalu tidur larut malam. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s