Hayu Ahhh ….

Posted on Updated on

“Romo Magnis pernah mengatakan kepadaku bahwa orang menjadi ateis lebih banyak bukan karena pemikiran filsafat atau sains. Mereka menjadi ateis karena tindakan kekerasan yang dilakukan oleh para pengikut agama. Mereka melihat kontradiksi antara apa yang dikhotbahkan dengan apa yang dilakukan”

wm

Kutipan di atas adalah satu diantara sekian tulisan Kang Jalal, yang sangat saya suka. Beberapa bukunya dulu tuntas saya lahap, mulai yang berhubungan dengan buku sosial, komunikasi dan agama. Entah kenapa membaca tulisan beliau terasa pas. Enak dan mencerahkan, berbeda dengan tulisan atau buku yang lain, terasa dangkal, artifisial dan cenderung dogmatis.

Yup Benar, Jalaluddin Rakhmat adalah satu diantara sekian tokoh yang sangat kukagumi. Terlepas dari predikat Syiah, Ijabi dan kontroversial (katanya itu juga) toh saya menikmatinya. Pernah beberapa kali dulu bertandang ke Kiara Condong Bandung, tempat pengajian sekaligus Sekolah yang cukup terkenal itu, dan kekaguman itu semakin menemui titik nyata.

Kini selang beberapa tahun selepas kegiatan berkumpul, berdiskusi, mengaji (di organisasi dulu) rasa kangen membaca buku-buku bermutu mulai hinggap lagi. Jangan dibandingkan memang, jika dulu semasa sekolah dan kuliah membaca begitu enak saya lakoni, baik itu di kelas, di halte bus bahkan di perjalanan dari rumah ke sekolah. Maka kini aktivitas itu agak susah terulang lagi. Pergi pagi dan pulang malam. Pun di jalan tak bisa membaca karena menyetir… hadeuh rasanya pengen balik lagi kemasa pake angkot atau bus dulu hehe…

wm (2)Belum lagi kadang kebutuhan rumah tangga, anak yang bersekolah, les, kerusakan mobil, motor dan biaya rumah membuat isi kantong terkuras. Maka buku-buku bermutu yang biasanya dulu rajin saya sambangi (palasari yang murah), sekarang harus mikir dua kali. Yah mungkin ini hanya alasan saja, bisa jadi demikian. Tapi terus terang saja membaca membuat diri kita berbeda.

Hayyu ah mulai membaca lagi (dan menulis juga tentunya hihi …)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s